Thursday, April 11, 2019

Bunga Moccasin, anggrek khas Kepulauan Prince Edward

Bunga Moccasin (Cypripedium acaule) adalah spesies anggrek di bawah genus Cypripedium, yang merupakan anggota sub suku Cypripedioideae dan suku Orchidaceae, Di luar negeri dikenal sebagai pink lady's slipper, dan stemless lady's-slipper. Memiliki sinonim nama ilmiah antara lain Cypripedium hirsutumCypripedium humileFissipes acaulis dan Calceolus hirsutus.

Bunga Moccasin (Cypripedium acaule)
(Sasata/Wikimedia Commons)
Tanaman anggrek-anggrekan sudah muncul di Bumi sejak 80.000.000 tahun yang lalu di masa pertengahan Cretaceous. Pertama kali didefinisikan oleh William Aiton, ahli botani Skotlandia pada tahun 1789. Kemudian ditetapkan menjadi puspa teritorial Kepulauan Prince Edward, Kanada sejak tahun 1965 dan puspa negara bagian New Hampshire & Minnesota, Amerika Serikat pada tahun 1902.

Lukisan Bunga Moccasin (Cypripedium acaule)
(Franciscus Sansom/Wikimedia Commons)
Bunga Moccasin memiliki tinggi sekitar 20–50 cm (8–20 inchi), dengan bunga berwarna merah muda dan merah marun, yang menghadap ke bawah dan kelopak bunga berbentuk seperti sepatu hak tinggi wanita. Menghasilkan kuncup bunga berukuran sekitar 6–9 centimeter (2,4–3,6 inchi) dengan kelopak berjumlah 5-6 buah dan tiap batang berisi 2-3 buah. Mekar dan mengalami penyerbukan pada bulan Juni selama 7-14 hari, dengan penyerbuk utama yaitu Lebah. Sementara daun berjumlah 3-6 daun per batang, dengan ciri terdapat bulu halus dan pada saat berbuah memiliki diameter 3 centimeter dengan biji berwujud mirip pasir.

Cypripedium acaule var. alba
(Oldcrookedjaw/Wikimedia Commons)
Sama seperti spesies anggrek lainnya, Bunga Moccasin hidup sebagai epifit di bawah pohon konifera, dengan batang berupa batang berpembuluh bukan batang sejati. Diketahui juga, Bunga Moccasin bersimbiosis komensalisme dengan jamur Myccorhizal yang hidup di akar tanaman dan menghasilkan nitrogen dan unsur hara bagi Bunga Moccasin. Senyawa dari jamur tersebut menciptakan kondisi asam mencapai pH 5 untuk membuat air pada akar Bunga Moccasin menjadi masam dan meningkatkan kadar nitrogen.

Bunga Moccasin tersebar di hutan konifer pesisir timur Amerika Serikat,  dari Great Lakes Region dan wilayah Northeast, hingga meluas ke selatan seperti Pegunungan Appalachians hingga Alabama. Sementara di Kanada, bisa ditemukan di seluruh provinsi kecuali British Columbia. Berada dalam status Resik Rendah (Least Concern) atau Aman (Secure) dalam daftar NatureServe pada tahun 2008. Hanya di beberapa negara bagian seperti Illinois dan Tennessee ditetapkan status Terancam Punah, Rawan Punah di New York, dan Tak Biasa di Georgia

No comments:

Post a Comment

Semua komentar merupakan tanggungjawab komentator dan pengelola tidak bertanggungjawab atas tuntutan dengan UU ITE. Berkomentar dengan bijak dan sopan.