Tuesday, February 19, 2019

Dawn redwood, si Konifer Raksasa dari Timur

Dawn Redwood (Metasequoia glyptostroboides) adalah pohon konifer yang merupakan satu-satunya anggota genus Metasequoia dibawah suku Cupressaceae, Di kawasan Asia Timur dikenal dengan nama 水杉 (Shui-shan) yang berarti Fir Air.

Dawn Redwood di taman sekitar kampus San Jose State University
(John Pozniak/Wikimedia Commons)
Dawn Redwood merupakan fosil hidup yang sudah muncul sejak 150.000.000 tahun yang lalu pada masa Jurassic, saat Asia Timur masih menjadi daratan utama super benua Eurasia. Genus Metasequoia pertama kali dideskripsikan oleh Dr. Shigeru Miki pada tahun 1941 berdasarkan spesimen fosil daun yang ditemukan. Menyusul kemudian pada tahun yang sama, T. Kan, seorang penjelajah alam menemukan pohon Dawn Redwood hidup saat berkelana di provinsi Sichuan dan Hubei. Menyusul kemudian, pada tahun 1943, Zhan Wang, ahli kehutanan Tiongkok berhasil mengumpulkan contoh Dawn Redwood yang ditemukan oleh Kan sebelumnya di desa Moudao, Lichuan County, provinsi Hubei. Namun karena Perang Dunia II, penelitian ditunda. Lalu pada tahun 1946,  Wan Chun Cheng dan Hu Xiansu menemukan keterkaitan antara fosil yang ditemukan Miki dan contoh yang dibawa oleh Wang, yang kemudian diberi nama spesies baru. 

Dawn Redwood memiliki ukuran tinggi sekitar 35-50 meter dengan lebar batang sekitar 1 meter, dengan daun berukuran panjang sekitar  1–3 centimeter (0,39–1,18 inchi), sementara biji kerucut berukuran sekitar 1,5–2,5 cm (0,59–0,98 inchi) dengan 16-28 sisik dan putik bunga berukuran 5–6 mm (0,20–0,24 in). Berbunga setiap musim semi, dengan dibantu penyerbukannya oleh burung dan tupai. Dawn Redwood mencapai usia matang seksual pada umur 50 tahun.


Dawn Redwood saat Musim Gugur di Croxteth Hall, Liverpool
(GatesOfHell/Wikimedia Commons)




Dawn Redwood terbesar yang ditemukan memiliki ukuran tinggi 50 meter dengan diameter batang mencapai 2,2 meter, namun mati akibat tersambar petir pada tahun 1951. Sementara untuk yang paling tebal memiliki ukuran tinggi 30,18 meter dengan diameter batang 5,79 meter, dan paling tinggi di masa kini memiliki ukuran 41,15 meter dengan diameter batang 3,35 meter. Kedua pohon tersebut ditanam di Longwood Gardens of Kennett Square, Pennsylvania, Amerika Serikat pada tahun 1948 dan diukur pada tahun 2018.

Dawn Redwood merupakan tanaman yang dilindungi oleh Pemerintah Tiongkok sejak tahun 1999. Memiliki populasi sekitar 5371 pohon di Lembah Metasequoia, Lichuan, Hubei. Pada zaman dahulu digunakan sebagai bahan baku untuk membangun kuil dan pagoda. Untuk melestarikan Dawn Redwood, Pemerintah Tiongkok menggalakan dan memulihkan kembali hutan Redwood yang rusak akibat pembalakan liar sejak 1950-an. Selain itu, Dawn Redwood juga dilestarikan di luar habitat asli, seperti di Arnold Arboretum of Harvard University, Crescent Ridge Dawn Redwoods Preserve di North Carolina, Bailey Arboretum di Locust Valley & taman di kawasan Manhattan-Brooklyn, New York dan Rosicrucian Research Library di Rosicrucian Park, San Jose, California. 


No comments:

Post a Comment

Semua komentar merupakan tanggungjawab komentator dan pengelola tidak bertanggungjawab atas tuntutan dengan UU ITE. Berkomentar dengan bijak dan sopan.