Wednesday, April 10, 2019

Regaliceratops, sang raja tanduk dari Kanada

Regaliceratops peterhewsi adalah spesies dinosaurus bertanduk di bawah genus Regaliceratops, merupakan anggota marga Triceratopsini dan sub suku Chasmosaurinae, tergabung dalam suku Ceratopsidae, yang hidup sekitar 68.500.000–67.500.000 tahun lalu di akhir masa Cretaceous.Penamaan ilmiahnya diambil dari bahasa Latin, yaitu regalis, "royal", karena diambil dari Royal Tyrrell Museum, yang merupakan almamater sang penemu dengan Bahasa Yunani, yaitu keras, "tanduk", dan ops, "wajah".

Ilustrasi Regaliceratops peterhewsi
(Royal Tyrrell Museum)
Spesimen fosil Regaliceratops pertama kali ditemukan oleh Peter Hews, pada tahun 2005, di Formasi Oldman River, Alberta, Kanada. Spesimen fosil berupa tulang tengkorak tersebut diberi kode TMP 2005.055.0001, dengan kode nama "Hellboy". Diberi kode nama dari tokoh fiksi tersebut karena bentuk tanduk di atas pelipis memiliki wujud sama dengan tanduk milik tokoh Hellboy. Kemudian di tahun 2015, diidentifikasi sebagai spesies dinosaurus bertanduk terbaru, diberi nama Regaliceratops peterhewsi. Menyusul kemudian ditemukan fosil serpihan tulang Regaliceratops lainnya di Formasi  St. Mary River, Alberta, Kanada, Kini replika fosil tengkorak Regaliceratops dipajang di Royal Tyrrell Museum.

Spesimen TMP 2005.055.0001
(Alan & Flora Botting/Wikimedia Commons)
Dalam perkiraan oleh Brown & Henderson (2015), Regaliceratops peterhewsi memiliki panjang hingga mencapai 500 centimeter dan berbobot hingga 1500 kilogram, dengan ciri-ciri berupa tanduk di hidung lebih besar dari tanduk pelipis, dan memiliki tanduk kecil di jenggernya. Perhitungan ukuran ini menggunakan metode perbandingan ukuran dengan spesies dinosaurus bertanduk yang berkerabat dekat dan memiliki susunan fosil yang lengkap.

Replika fosil Regaliceratops peterhewsi di Royal Tyrrell Museum
(Etemenanki3/Wikimedia Commons)
Sama seperti dinosaurus bertanduk lainnya, Regaliceratops hidup dalam kawanan dan merupakan hewan herbivora penjelajah di Amerika Utara. Sementara kegunaan tanduk Regaliceratops sebagai alat pertahanan diri, aksesoris biologis saat musim kawin dan jendela suhu untuk mengeluarkan panas tubuh. Namun hal ini masih didalami lebih lanjut oleh paleontolog, karena spesimen fosilnya bari ditemukan dan dalam tahap pengumpulan.

Secara garis kekerabatan, menurut Mallon et al. (2016), Regaliceratops berkerabat dekat dengan Arrhinoceratops brachyops dan Anchiceratops ornatus, yang juga hidup di Formasi Alberta, Kanada. Diduga merupakan kerabat jauh dari Torosaurus latus dan Triceratops horridus yang menguasai Amerika Utara, pada akhir masa Cretaceous.

No comments:

Post a Comment

Semua komentar merupakan tanggungjawab komentator dan pengelola tidak bertanggungjawab atas tuntutan dengan UU ITE. Berkomentar dengan bijak dan sopan.