Tuesday, April 9, 2019

Lili Kayu, puspa kebanggaan Saskatchewan

Lili Kayu (Lilium philadelphicum) adalah spesies bunga yang berada di bawah genus Lilium, yang merupakan anggota suku Liliaceae dan ordo Liliales. Memiliki nama lain di luar negeri yaitu Philadelphia lily, prairie lily atau western red lily. Dinamakan seperti ini karena Lili Kayu biasanya tumbuh di atas batang kayu yang sudah mati di alam liar.

Kelopak bunga Lili Kayu (Lilium philadelphicum)
(Mason Brock/Wikimedia Commons)
Merupakan salah satu bunga yang pertama kali muncul di Bumi pada 68.000.000 tahun yang lalu di akhir masa Cretaceous. Kemudian diidentifikasi oleh Michel Adanson pada tahun 1763, dan diberi nama oleh Laurent de Jussieu pada tahun 1789. Hingga kini sudah ditemukan enam subspesies varietas Lili Kayu antara lain Lilium andinum, Lilium masseyi, Lilium montanum, Lilium lanceolatum, Lilium umbellatum dan Lilium wansharicum. Kemudian ditetapkan sebagai puspa provinsi Saskatchewan pada tahun 1941.

Lukisan Lili Kayu di buku A monograph of the genus Lilium (1601)
(Walter Hood Fitch/Wikimedia Commons)
Mampu tumbuh hingga mencapai tinggi 30-90 centimeter (1-3 kaki) dengan kelopak bunga berdiameter 6 centimeter (2,5 inchi), dimana setiap tanaman memiliki hingga lima kelopak bunga tiap batang, dengan warna merah muda dan kuning. Memiliki daun berukuran diameter 5-10 centimeter (2-4 inchi) dengan lebar sekitar 1-2 centimeter (½-1 inchi), dinama tiap tanaman Lili Kayu memiliki 4-11 daun tiap batang. Mengalami penyerbukan pada bulan Juni hingga Agustus.

Lili Kayu (Lilium philadelphicum) yang sedang mekar
(Rob Routledge/Wikimedia Commons)
Walau sering menjadi tanaman hias, namun Lili Kayu dapat menjadi racun bagi hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, karena mengandung zat imperialin, yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan, demam hingga kematian bila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Jika hewan peliharaan mengalami keracunan bisa diberi serbuk arang untuk menetralkan racun imperialin serta untuk pertolongan pertama, dan bila sakit berlanjut bisa menghubungi dokter hewan.

Lili Kayu (Lilium philadelphicum) dilihat dari samping
(Rob Routledge/Wikimedia Commons)
Lili Kayu tersebar luas, dari British Columbia hingga Quebec, Kanada dan sebagian di Amerika Serikat, dari wilayah Northeast dan Great Lakes, serta area pegunungan Rocky and Appalachian Mountains. Namun akibat banyaknya perambahan hutan dan alih fungsi lahan, Lili Kayu dinyatakan sebagai tanaman kritis kepunahan di negara bagian Maryland, New Mexico, Tennessee dan Karolina Utara. Sementara di negara bagian Kentucky dan Ohio berstatus terancam punah. Karena menjadi puspa provinsi dan maskot kedaerahan di Saskatchewan, maka Pemerintah Federal disana melarang keras mencabut dan memetik Lili Kayu di alam liar dan taman kota.

No comments:

Post a Comment

Semua komentar merupakan tanggungjawab komentator dan pengelola tidak bertanggungjawab atas tuntutan dengan UU ITE. Berkomentar dengan bijak dan sopan.