Wednesday, January 23, 2019

Mengenal Invertebrata Bertubuh Halus

Nematoda adalah filum hewan tak bertulang belakang yang memiliki tubuh halus berbentuk gilig dan tak bersegmen. Memiliki nama lain yaitu Nematodes, Nematoidea, Nemates dan Nemata.

Caenorhabditis elegans
(Bob Goldstein/Wikimedia Commons)
Nenek moyang Nematoda muncul sejak 541.000.000 tahun yang lalu di masa Kambrian. Memisahkan diri dari garis evolusi dengan Annelida (cacing bercincin) dan Platyhelmintes (cacing pipih) sekitar 400.000.000 tahun yang lalu. Pertama kali dideskripsikan oleh Carolus Linnaeus pada tahun 1785 dalam jurnal Systema Naturae sebagai Vermes, kemudian berganti nama menjadi Nematoidea oleh  Karl Rudolphi pada tahun 1808, berasal dari kata dalam bahasa Yunani yaitu νῆμα (nêma, nêmatos, 'ancaman') dan -eiδἠς (-eidēs, 'spesies').

fosil Eophasma jurasicum
(Ghedoghedo/Wikimedia Commons)
Nematoda memiliki ciri-ciri yaitu tubuh berbentuk bulat panjang (gilik) atau mirip dengan benang, hewan tripoblastik pseudoselomata (berongga tubuh semu), betina lebih besar daripada jantan, bentuk tubuh silindris atau bulat panjang (gilik). dan tidak bersegmen, bagian anterior atau daerah mulut tampak simetri radial, semakin ke arah posterior membentuk ujung yang meruncing dan berkelamin ganda (hermaprodit).

Struktur anatomi dalam Caenorhabditis elegans
(KDS444/Wikimedia Commons)
Nematoda terdiri dari tiga kelas, 256 suku, 2271 genera dengan 25.000-40.000 spesies, dengan rincian 4000 spesies di laut, 2000 spesies di air tawar, 11.000 spesies di darat dan 14.000 spesies menjadi parasit.

KLASIFIKASI/PEMBEDA


Enoplea, merupakan kelompok nematoda yang memiliki ciri yaitu organ kemoreseptor (amphids) berbentuk seperti kantong, kerongkongan berbentuk seperti ujung botol, dan memiliki sistem ekskresi yang ringkas dengan sel tunggal. Memiliki dua subkelas yaitu Enoplia, terdapat tiga ordo yaitu Enoplida,  Trefusiida &  Triplonchida, dan subkelas Dorylaimia, terdapat delapan ordo yaitu Dorylaimida,  Mermithida MononchidaDioctophymatidaTrichinellidaIsolaimida,  Muspiceida, & Marimermithida.

Trichosomoides crassicauda
(Maurice Crowler Hall/Wikimedia Commons)
Chromadorea, merupakan kelompok nematoda yang memiliki ciri yaitu organ kemoreseptor (amphids) berbentuk seperti cincin, kerongkongan berbentuk spiral, dan memiliki sistem ekskresi berujung tiga. Memiliki satu subkelas yaitu Chromadoria, terdapat delapan ordo yaitu AraeolaimidaAscarididaChromadorida, Desmodorida, Desmoscolecida, MonhysteridaRhabditida, & Rhigonematida.

Cacing Pita (Ascaris lumbricoides)
(CDC Division of Parasitic Diseases/Wikimedia Commons)
Nematoda incertae sedis, merupakan kelompok nematoda yang tidak termasuk kelas Chromadorea dan Enoplea, masih dalam pendalaman lebih lanjut oleh ilmuwan zoologi, seperti ordo BenthimermithidaRhaptothyreida, suku Cylindrolaimidae dan 23 genus lainnya.

Oleh peradaban manusia, Nematoda menjadi parasit yang mengakibatkan wabah dan hama yang meluas. Namun di alam liar, Nematoda bertugas sebagai pengurai alami dan pengendali populasi bakteri patogen.






No comments:

Post a Comment

Semua komentar merupakan tanggungjawab komentator dan pengelola tidak bertanggungjawab atas tuntutan dengan UU ITE. Berkomentar dengan bijak dan sopan.