Tuesday, January 29, 2019

Mengenal Anatomi Pohon

Pohon adalah tumbuhan darat berkayu yang memiliki penampang akar dan cabang yang menopang bunga & dedaunan. Menjadi pengisi utama dalam ekosistem hutan di hampir seluruh vegetasi di dunia. Rata-rata hutan berpohon lebat memiliki usia 150-300 tahun 

Pohon Ash (Fraxinus excelsior)
(Brian Green/Wikimedia Commons)
Pohon sudah ada sejak 370.000.000 tahun yang lalu, terdapat 3.040.000.000.000 buah pohon di dunia, dimana 46% populasi pohon di daratan subtropis, 20% populasi pohon di daratan tropis dan 24% populasi pohon di daratan taiga. Sejak awal masa agrikultural peradaban manusia pada 12.000 tahun yang lalu, diperkirakan 15.000.000.000 buah pohon ditebang dan 5.000.000.000 buah pohon ditanam, dengan tingkat penyusutan mencapai 46%. Pohon merupakan unsur utama dalam pembentukan sebuah ekosistem.


ANATOMI


Akar, merupakan bagian terbawah dalam struktur anatomi pohon, memegang peranan sebagai penyerap air dan pencengkram tanah agar pohon bisa berdiri tegak. Memiliki beberapa jenis seperti akar tunggang, akar serabut, akar nafas, dan akar gantung. Beberapa tumbuhan juga mengembangkan akar sebagai penyimpan cadangan makanan, yang disebut Umbi. Selain itu juga dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal, pemanis alami dan pewangi alami.

Akar pohon Pinus Merah (Pinus resinosa)
(Emery/Wikimedia Commons)
Batang, merupakan bagian utama sebuah pohon, yang terbentuk dari pembuluh batang (xylem) dan pembuluh tapis (floem), yang secara periodik membentuk lingkaran pohon. Terdapat getah yang menjadi pengangkut nutrisi makanan ke seluruh bagian pohon. Usia sebuah pohon bisa dilihat melalui lingkaran pohon melalui teknik Dendrokronologi. Oleh peradaban manusia, batang pohon memiliki banyak kegunaan, seperti bahan membuat rumah, kapal, hingga persenjataan. 

Batang pohon Beech Utara (Fagus sylvatica)
(Ɓukasz Smolarczyk/Wikimedia Commons)
Ranting, merupakan bagian paling atas sebuah pohon, yang terdiri dari percabangan batang berisi daun dan buah, serta terdapat ujung tumbuh, yang membuat pohon tinggi seiring bertambahnya usia. Di bagian ranting in terjadi proses fotosintesis, perkembangbaiakan dan pertumbuhan pohon. Di alam liar, ranting pohon menjadi lokasi bersarangnya hewan seperti burung, mamalia dan reptil arboreal.

Ujung tumbuh tanaman Magnolia
(RedAndr/Wikimedia Commons)
Pohon memegang peranan penting dalam peradaban manusia modern, sebagai sumber pangan, sumber ekonomi, penyedia air tanah, penopang tanah, penahan laju angin, dan unsur ornamental utama di area perkotaan. Selain itu, berperan penting mengurangi polusi karbon di area perkotaan sebesar 48 ton per tahun.



No comments:

Post a Comment

Semua komentar merupakan tanggungjawab komentator dan pengelola tidak bertanggungjawab atas tuntutan dengan UU ITE. Berkomentar dengan bijak dan sopan.