Saturday, January 19, 2019

Mengenal Invertebrata Berkulit Duri

Echinodermata adalah filum hewan tak bertulang belakang yang memiliki kulit keras berduri dan bergerak lamban dengan bantuan kaki tabung. Berasal dari kata dalam bahasa Yunani Kuno, yaitu ἐχῖνος, echinos – "landak" dan δέρμα, derma – "kulit".

Sekelompok Bintang Laut sedang berada di atas batuan perairan dangkal
(Wikimedia Commons)
Nenek moyang Echinodermata muncul pada 541.000.000 tahun yang lalu pada masa Kambrian awal, kemudian berevolusi pada 485.400.000 tahun yang lalu di masa Ordovisian dan menjadi spesies terbanyak di lautan pada masa Paleozoikum. Banyak kelas Echinodermata yang punah pada peristiwa kepunahan massal Permian-Triassic.

Gambar rekonstruksi fosil Echinodermata purba
(Nobu Tamura/Wikimedia Commons)
Echinodermata memiliki ciri antara lain memiliki tubuh simetris radial triploblastik, organ mulut terletak pada bagian ventral, sementara anus terletak pada bagian dorsal, bergerak dengan kaki tabung, sistem peredaran darah menggunakan arus air, kulit terbuat dari zat kitin dan perkembangbiakan secara seksual vegetatif. Echinodermata akan mati setelah diangkat dari air, oleh karena itu, jika menemukan bintang laut di pantai, jangan mengangkatnya keluar dari air.

Echinodermata memiliki lima kelas, lima ordo dengan jumlah mencapai 7000-7500 spesies yang masih ada, dimana ada dua kelas, 14 ordo dan 13.000 spesies echinodermata yang sudah punah.

KLASIFIKASI/PEMBEDA


Crinozoa, biasa dikenal dengan nama Lili Laut, adalah kelompok hewan laut berkulit duri yang memiliki ciri utama yaitu bentuk tubuh mirip tumbuhan berbunga yang menangkap mangsa yang lewat arus laut dan menempel pada karang. Hanya memiliki satu kelas yang tersisa yaitu Crinoidea dengan jumlah mencapai 553-580 spesies.

Lili Laut yang menempel di karang kawasan Taman Nasional Komodo
(Alexander Vasenin/Wikimedia Commons)
Asterozoa, biasa dikenal dengan nama Bintang Laut, adalah kelompok hewan laut berkulit duri yang memiliki ciri antara lain memiliki lengan ramping menjari, bergerak menggunakan kaki tabung, seluruh organ tubuh berpusat di tengah tubuh dan berkembangbiak secara seksual vegetatif. Memiliki dua kelas yaitu Ophiuroidea dan Asteroidea dengan jumlah 3045 spesies.

Bintang Laut Berkalung (Fromia monilis)
(Nick Hobgood/Wikimedia Commons)
Echinozoa, biasa dikenal nama Bulu Babi, Landak Laut dan Timun Laut atau Teripang, adalah kelompok hewan laut berkulit duri yang memiliki ciri antara lain memilili tubuh tabung & bola, dengan kulit terbuat dari kitin berujung tajam & ada yang tidak berduri, memiliki sistem pencernaan sederhana dan berkembangbiak secara seksual vegetatif. Memiliki dua kelas yaitu Echinoidea dan Holothuroidea dengan jumlah mencapai 2330 spesies.

Semangka Laut (Echinus melo)
(Marco Busdraghi/Wikimedia Commons)
Timun Laut atau Teripang (Actinopyga echinites)
(Anders Poulsen/Wikimedia Commons)
Oleh peradaban manusia, keberadaan echinodermata sebagai bahan pangan, hewan peliharaan di akuarium dan sebagai bahan penelitian tentang regenerasi. Di alam liar, echinodermata bertugas sebagai organisme benthik yang mengendalikan populasi fitoplankton dan zooplankton.

No comments:

Post a Comment

Semua komentar merupakan tanggungjawab komentator dan pengelola tidak bertanggungjawab atas tuntutan dengan UU ITE. Berkomentar dengan bijak dan sopan.