Tuesday, March 19, 2019

Lili Kobra, tanaman bertudung pemakan serangga

Lili Kobra (Darlingtonia californica) adalah spesies tanaman karnivora yang  merupakan satu-satunya anggota genus Darlingtonia, di bawah suku Sarraceniaceae. Memiliki sinonim ilmiah yaitu Chrysamphora californica. Penamaan ilmiahnya berasal dari wujudnya yang mirip dengan ular Kobra yang memiliki tudung di kepala. 

Lili Kobra (Darlingtonia californica)
(NoahElhardt/Wikimedia Commons)
Lili Kobra sudah muncul sejak 47.000.000 tahun yang lalu, pertama kali ditemukan oleh William D. Brackenridge di kawasan Gunung Shasta, pada tahun 1841. Kemudian dinyatakan sebagai spesies tanaman baru oleh John Torrey pada tahun 1853, yang memberi nama Darlingtonia, sebagai penghormatan kepada William Darlington, ahli botani Philadelphia. Spesimen bibit tanaman ini lalu dibawa dan ditanam di Inggris, dan mendapatkan penghargaan Royal Horticultural Society's Award of Garden Merit.

Lili Kobra memiliki ukuran tinggi sekitar 20-60 centimeter (8-24 inchi), bahkan mampu mencapai tinggi hingga 100 centimeter (39 inchi). Memiliki diameter batang sekitar 15-20 milimeter (0.6 to 0.8 inchi), beberapa kasus bisa mencapai diameter 1 centimeter (0,4 inchi). Memiliki daun perangkap berjumlah 5-10 buah, dengan ciri utama berupa ujung daun menekuk ke depan dengan sudut sekitar 40-45 derajat, yang terdapat bunga di ujung daun perangkap. Mengalami penyerbukan tiap 3-5 bulan sekali, yang membutuhkan 10 minggu untuk bunga Lili Kobra matang dan menghasilkan biji berukuran 2-3 milimeter (0.08-0.1 inchi).

Lili Kobra (Darlingtonia californica) di Butterfly Valley Botanical Area, Sierra Nevada, California.
(NoahElhardt/Wikimedia Commons)
Dalam menjebak mangsa berupa serangga, Lili Kobra memanfaatkan aroma wangi dari bunga untuk memancing serangga mendekat. Setelah ada serangga mendekat, pasti akan mencari asal bau wangi dan masuk ke dalam kantung perangkap. Serangga yang terjebak kemudian mencari jalan keluar dengan menjejak di sekitar bintik putih yang meneruskan cahaya dari luar. Setelah itu, serangga jatuh ke dalam kantung penjebak yang berisi cairan asam lemah dan bakteri pembusuk. Teknik penjebakan serangga Lili Kobra mirip dengan Tanaman Kakaktua (Sarracenia psittacina) dan Tanaman Tudung Kecil (Sarracenia minor).

Lili Kobra merupakan tanaman endemik daratan Amerika yang tersebar di negara bagian California dan Oregon, dengan habitat berupa lahan gambut yang minim unsur, dengan suhu di antara 10-25 derajat Celcius. Berbeda dari tanaman karnivora lainnya, Lili Kobra mampu melakukan regenerasi setelah terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan, melalui sisa batang pada akarnya.

Peta persebaran Lili Kobra (Darlingtonia californica)
(NoahElhardt/Wikimedia Commons)
Merupakan satu dari tiga spesies tanaman karnivora asli Amerika, namun Lili Kobra termasuk tanaman yang sulit dikembangbiakan di luar habitat asli. Memiliki populasi yang banyak di alam, memiliki daya perkembangbiakan dan regenerasi yang cepat, sehingga IUCN menetapkannya dalam status Resiko Rendah (Least Concern) dalam daftar IUCN Red List 2,3.



No comments:

Post a Comment

Semua komentar merupakan tanggungjawab komentator dan pengelola tidak bertanggungjawab atas tuntutan dengan UU ITE. Berkomentar dengan bijak dan sopan.