Monday, April 1, 2019

Anomalocaris, si leluhur arthropoda

Anomalocaris adalah genus hewan berbuku-buku dari suku Anomalocarididae di bawah ordo Radiodonta dan kelas Dinocaridida, yang hidup pada 541.000.000-497.000.000 tahun lalu di masa awal-pertengahan Kambrium. Penamaan ilmiahnya berasal dari bahasa Latin, yang berarti "Udang Aneh".

Model tiga dimensi Anomalocaris di National Dinosaur Museum, Canberra, Australia
(Photnart/Wikimedia Commons)
Spesimen fosil Anomalocaris pertama kali ditemukan oleh Joseph Frederick Whiteaves, pada tahun 1892 di  Ogygopsis Shale,  Burgess Shale, British Columbia, Kanada, berupa spesimen badan utuh Anomalocaris yang tercetak dalam batuan granit. Diberi nama Anomalocaris, karena punya bentuk fisik mirip udang atau lobster, namun memiliki capit dan mulut yang aneh. Kemudian wujudnya digambarkan pertama kali oleh  Harry B. Whittington dan Derek Briggs pada tahun 1985, dalam jurnal berjudul "The largest Cambrian animal, Anomalocaris, Burgess Shale, British-Columbia". Kemudian di tahun 2011 ditemukan enam spesimen fosil Anomalocaris di Emu Bay, Kangaroo Island, Australia.

Spesimen fosil utuh Anomalocaris spp.
(Keith Schengili-Roberts/Wikimedia Commons)
Berdasarkan perkiraan Simon Conway (1998), Anomalocaris diduga mampu tumbuh hingga sepanjang 100 centimeter (3,3 kaki), dengan dua lengan berukuran lebih dari 18 centimeter (7,1 inchi) yang memiliki duri dan berada dibawah mulut melingkarnya. Bergerak menggunakan sirip belakangnya yang didukung dengan 11 ruas sirip di samping tubuhnya untuk memudahkan melakukan manuver. Dengan lengan berduri ini, Anomalocaris menangkap mangsa berupa Trilobita, dan invertebrata purba di lautan.

Bagan perbandingan antara manusia dewasa, hewan sezaman dan manusia
(Dinoguy2/Wikimedia Commons)
Menurut analisis John Peterson (2011), Anomalocaris merupakan pemangsa puncak di masa Kambrium, yang mengandalkan mata berukuran  3 centimeter (1,2 inchi) yang memiliki 16.000 lensa, lebih banyak dari lensa Trilobita, hanya kalah dari mata Capung modern yang memiliki 28.000 lensa. Diduga mata Anomalocaris merupakan pemilik mata modern pertama.

Ilustrasi Anomalocaris canadensis
(Nobu Tamura/Wikimedia Commons)
Secara kekerabatan, menurut Peter Van Roy (2015), Anomalocaris berkerabat dekat dengan  Cetiocaridae, hewan laut purba penyaring makanan. Merupakan leluhur dari hewan berbuku-buku modern seperti serangga, udang dan lain-lain, karena tergolong dalam filum Euarthropoda. 

No comments:

Post a Comment

Semua komentar merupakan tanggungjawab komentator dan pengelola tidak bertanggungjawab atas tuntutan dengan UU ITE. Berkomentar dengan bijak dan sopan.