Tuesday, April 2, 2019

Maple Gula, sang pohon kebanggaan Kanada

Maple Gula (Acer saccharum) adalah spesies pohon berkayu keras dari genus Acer dibawah suku Sapindaceae dan ordo Sapindales. Dinamai demikian karena getahnya mengandung glukosa alami. Di luar negeri disebut dengan nama sugar maple atau rock maple.

Pohon Maple Gula pada musim gugur
(Famartin/Wikimedia Commons)
Pohon Maple memiliki ukuran sekitar 25–35 meter (80–115 kaki), dengan ukuran rata-rata 45 m (148 kaki), dimana pohon berusia 10 tahun memiliki tinggi mencapai 5 meter. Daun pohon maple berukuran diameter 20 centimeter dengan bentuk berjari lima yang bisa berubah warna sesuai musim. Memiliki bunga tanpa mahkota dengan jumlah 5-10 buah per batang, yang muncul pada usia kematangan seksual mencapai 10-15 tahun. Tiap bunga dibuahi oleh Ngengat Maple  (Dryocampa rubicunda) tiap musim semi, dan menghasilkan biji berukuran diameter sekitar 7–10 milimeter (9⁄32–13⁄32 inchi) dan panjang sayap sekitar 2–3 centimeter (3⁄4–1 1⁄4 inchi), yang akan pecah di tanah bila berada pada suhu dibawah 4°C (39°F). Biji maple disebarkan oleh burung gagak dan tupai. Pohon Maple mampu mencapai usia 400 tahun.

Daun Maple Gula di Superior National Forest
(Superior National Forest/Wikimedia Commons)
Pohon Maple memiliki getah unik yang memiliki rasa manis karena mengandung gula alami, yang dimanfaatkan oleh suku Indian Mohegan sebagai bahan baku sirup maple, yang merupakan komoditas unggulan Kanada, dengan nilai ekspor mencapai C$ 487.000.000 (US$ 360.000.000) pada tahun 2016, dimana 70% sirup maple diproduksi oleh provinsi Quebec. Selain itu, kayu Pohon Maple juga memiliki kualitas bagus dan memiliki warna unik, menjadi bahan baku dalam membuat pemukul bisbol, lintasan bowling dan lapangan basket. Selain itu, dimanfaatkan juga sebagai pohon perdu penghias taman kota dan salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Kanada.

Sirup Maple
(Miguel Andrade/Wikimedia Commons)
Jenis-jenis kayu Maple
(Romeyn Beck Hough/Wikimedia Commons)
Pohon Maple Gula tersebar di pesisir timur Kanada, dari Nova Scotia hingga selatan Quebec hingga tengah dan selatan Ontario hingga tenggara Manitoba, di sekitar  Lake of the Woods, yang memiliki suhu −18°C (0°F) pada bulan Januari dan suhu 16°C (61°F) pada bulan Juli di bagian Utara. Sementara untuk bagian selatan, pohon Maple hidup di suhu dalam kisaran 10°C (50°F) pada bulan Januari dan suhu 27°C (81°F) pada bulan Juli. Di hutan perdu, pohon Maple berfungsi sebagai hidrolik alami untuk menarik mata air bawah tanah ke permukaan tanah. Namun keberadaannya di alam liar semakin berkurang akibat penebangan liar, sehingga Pemerintah Kanada melalui lembaga Natural Heritage Network menetapkan Pohon Maple dalam status Dilindungi (Secure) dalam daftar NatureServe

Peta Persebaran pohon Maple Gula (Acer saccharum)
(USGS/Wikimedia Commons)
Karena ciri khas dan keunikannya, pohon Maple Gula diangkat menjadi maskot tanaman Kanada dan menjadi nama merk salah satu perusahaan teknologi yang menjadi produsen komputer jinjing di dunia. Artikel ini merupakan pembuka pembahasan mengenai tanaman yang menjadi maskot provinsi di Kanada. Jangan lupa bagikan dan selalu ikuti artikelnya.

No comments:

Post a Comment

Semua komentar merupakan tanggungjawab komentator dan pengelola tidak bertanggungjawab atas tuntutan dengan UU ITE. Berkomentar dengan bijak dan sopan.