Friday, April 5, 2019

Kambrium, masa awal kehidupan multiseluler

Kambrium adalah masa geologis Bumi antara 541.000.000-485.400.000 tahun lalu di awal Era Paleozoic, dan pembuka Eon Phanerozoic. Penamaannya diambil dari Kambria, nama lawas Wales, Britania Raya, yang pertama kali dicetuskan oleh Adam Sedgwick pada tahun 1911, saat menemukan lapisan batuan tua di pesisir pantai Wales.

Ilustrasi kehidupa Kambrium
(Ecosia.org)
Secara stratigrafi, menurut Bilal U. Haq & Stephen R. Schutter (2008), masa Kambrium dibagi menjadi tiga tahapan yaitu masa Caerfai/Waucoban di awal Kambrium, antara 541.100.100-509.200.000 tahun yang lalu, St Davids/Albertan di pertengahan Kambrium, antara 509.100.00-497.200.000 tahun yang lalu dan Merioneth/Croixan/Furongian di akhir Kambrium. antara 497.100.000-485.400.000 tahun yang lalu. Pembedaan ini berdasarkan analisis unsur penyusun lapisan tanah di Burgess Shale, Kanada dan sejumlah titik formasi penggalian spesimen fosil Kambrium.

Bagan stratigrafi Kambrium
(GSSPs/International Commission on Stratigraphy)
Pada masa Kambrium, Bumi memiliki satu benua super yaitu Pannotia, dengan benua kecil lain yaitu Laurentia, Baltika dan Siberia, serta Samudra Paleotethys. Merupakan cikal bakal benua dan samudra modern yang sekarang kita kenal sekarang, dengan muka air laut lebih tinggi 30-90 meter dibanding masa kini, kepadatan oksigen 63% lebih tinggi dari masa kini dan kepadatan karbon dioksida mencapai 4500 bagian per juta, atau 16 kali lebih tinggi dari Revolusi Industri. Suhu permukaan Bumi di masa Kambrium berada pada kisaran 21°C, lebih rendah 7°C dibanding masa kini.

Fosil Stromatolit di Formasi Pika, Kanada
(Wilson44691/Wikimedia Commons)
Pusat kehidupan di masa Kambrium berpusat di lautan, dengan hewan utama seperti Anomalocaris, Hallucigenia, Opabinia, Trilobita, Pikaia dan Haikouichthys. Merupakan masa awal organisme multiseluler menguasai Bumi, setelah mengalami evolusi dari organisme uniseluler di masa Ediacaran. Mezooplanton dan Fitopankton berperan penting dalam pembentukan oksigen di masa Kambrium. Hewan chordata pertama juga muncul di masa Kambrium, yaitu Pikaia dan Haikouichthys. Struktur relung kehidupan di Bumi, seperti Rantai Makanan dan Piramida Makanan tercipta pertama kali di masa Kambrium.

Namun, kehidupan Kambrium yang unik ini, mengalami kepunahan massal pada 488.000.000 tahun yang lalu, akibat Letusan Basaltik Kalkarindji di Gondwana (sekarang Australia), yang mengakibatkan Bumi mengalami Pendinginan Global untuk pertama kali dan memusnahkan 40% kehidupan yang ada karena keracunan nitrogen (anoksia). Beberapa kehidupan mati tersapu longsoran laut akibat Letusan Basaltik pertama di Bumi tersebut, membatu dan memfosil sempurna di Formasi Burgess Shale (Kanada), Formasi Maotianshan Shales, Formasi Doushantuo (Tiongkok) dan Formasi Sirius Passet (Greenland). Makhluk hidup yang selamat dari Peristiwa Kepunahan Massal Kambrium–Ordovician ini kemudian berevolusi menjadi makhluk hidup yang lebih rumit.

No comments:

Post a Comment

Semua komentar merupakan tanggungjawab komentator dan pengelola tidak bertanggungjawab atas tuntutan dengan UU ITE. Berkomentar dengan bijak dan sopan.