Thursday, April 4, 2019

Mawar Liar, puspa kebanggaan provinsi Alberta

Mawar Liar (Rosa acicularis) adalah spesies tanaman berbunga yang merupakan anggota genus Rosa, di bawah suku Rosaceae dan ordo Rosales. Penamaan ilmiahnya diambil dari bahasa Yunani yaitu ρόδον rhódon (Aeolic. βρόδον wródon) yang berarti "mawar". Di luar negeri dikenal dengan nama prickly wild rose, prickly rose, bristly rose, wild rose dan Arctic rose.

Kelopak bunga Mawar Liar (Rosa acicularis)
(Walter Siegmund/Wikimedia Commons)
Mawar Liar sudah ada sejak 70.000.000 tahun lalu di masa akhir Cretaceous. Kemudian menjadi salah satu bunga yang dikenal oleh manusia di masa Berburu dan Meramu, lalu mengalami domestikasi oleh peradaban manusia sekitar 4000 tahun yang lalu. Kemudian masuk dalam klasifikasi taksonomi modern oleh Carolus Linnaeus pada buku Species Plantarum di tahun 1753. Penggolongan ilmiah untuk mawar pertama kali dilakukan oleh Schulze-Menz GK pada tahun 1964, kemudian diperbaiki dan dipatenkan pada tahun 1971. Sejak tahun 1987, ditetapkan sebagai puspa provinsi Alberta, Kanada.

Plat kendaraan provinsi Alberta berlogo Mawar Liar
(ziki88/Wikimedia Commons)
Mawar Liar tumbuh di semak-semak dengan tinggi sekitar 100-300 centimeter, ukuran daun sekitar 7–14 centimeter, dengan 3-7 daun per batang. Bunga memiliki warna merah muda dengan pangkal bunga berwarna merah dan berjari lima, yang memiliki ukuran diameter sekitar 3,5–5 centimeter. Berbunga pada musim semi dan penyerbukannya dibantu oleh serangga penyerbuk seperti lebah, kumbang dan kupu-kupu dan menghasilkan buah kecil berwarna merah berukuran 10-15 milimeter.

Buah dari Mawar Liar (Rosa acicularis)
(Qwert1234/Wikimedia Commons)
Sama seperti Mawar pada umumnya, Mawar Liar memiliki batang berduri yang berguna untuk mempertahankan diri dari hewan herbivora. Sementara warna merah pada mawar tercipta dari zat anthocynanin, yang muncul agar menghasilkan warna mencolok untuk menarik perhatian serangga penyerbuk. Merupakan salah satu cara adaptasi dan evolusi dari tanaman di ekosistem hutan hujan dan hutan boreal. 

Batang berduri Mawar Liar (Rosa acicularis)
(Walter Siegmund/Wikimedia Commons)
Mawar Liar tersebar di hutan boreal di Kanada, dari Great Plains hingga brat laut Canada, sekitar wilayah Whitehorse, Yukon. Dimanfaatkan sejak lama oleh suku Indian asli Amerika sebagai pewarna alami dan pengharum alami. Kemudian menjadi tanaman ornamental, bahan baku selai dan parfum sejak kedatangan Bangsa Eropa ke Amerika Utara. Di masa kini menjadi komoditas penting di dunia, karena tanaman yang mudah beradaptasi dan cepat berkembangbiak dengan tingkat keberhasilan sangat tinggi.

No comments:

Post a Comment

Semua komentar merupakan tanggungjawab komentator dan pengelola tidak bertanggungjawab atas tuntutan dengan UU ITE. Berkomentar dengan bijak dan sopan.