Thursday, April 18, 2019

Tamarack, pohon khas Northwest Territories

Tamarack (Larix laricina) adalah pohon pinus dari genus Larix, yang berada di bawah suku Pinaceae dan ordo  Pinales. Di luar negeri dikenal sebagai hackmatackeastern larchblack larch, red larch dan American larch. Memiliki sinonim ilmiah antara lain Abies microcarpaLarix alaskensisLarix americanaLarix fraseriLarix intermediaLarix microcarpaLarix rubraLarix tenuifoliaPinus intermediaPinus laricina dan Pinus microcarpa.

Tamarack (Larix laricina)
(MPF/Wikimedia Commons)
Tamarack memiliki ukuran tinggi sekitar 10–20 meter (33–66 kaki), dengan ketebalan batang berukuran diameter lebih dari 60 centimeter (24 inchi), berwarna kemerahan. Memiliki daun berbentuk mirip bakmi yang menjulur dengan ukuran panjang 2–3 centimeter (3⁄4–1 1⁄4 inchi), berwarna hijau-kebiruan dan kekuningan pada musim gugur dan berjumlah 10-20 daun tiap ranting. Memiliki biji berbentuk kerucut dengan panjang 2 centimeter (3⁄4 inchi) dan diameter 1–2,3 centimeter (3⁄8–7⁄8 inchi), berwarna kecoklatan, yang ditutupi sisik berjumlah 12-20 buah, yang akan matang dan siap diserbuk pada usia 4-6 bulan. Keunikannya membuatnya ditetapkan menjadi pohon maskot provinsi Northwest Territories pada tanggal 9 September 1999.

daun dan biji Tamarack (Larix laricina)
(Tim & Selena Middleton/Wikimedia Commons)
Tamarack tersebar di Alaska, kawasan Lingkaran Kutub Utara dan Yukon, dengan luasan mencapai 700 kilometer persegi (430 mil persegi. Hidup di kawasan hutan boreal, yang berupa stepa dan lahan gambut. Merupakan pohon yang sangat tidak toleran dengan bayangan hutan, sehingga dalam ekosistem hutan boreal menjadi sangat dominan untuk bertahan hidup dan mampu tumbuh dengan sangat cepat, dimana pohon Tamarack berusia 25-30 tahun mampu mencapai sepertiga ukuran.

Peta persebaran Tamarack (Larix laricina)
(USDA/Wikimedia Commons)
Namun, pohon Tamarack memiliki hama berupa Ngengat Coleophora laricella. yang mampu melubangi batang dan menyerap getahnya, serta menaruh telur, yang larva akan memakan daun Tamarack selama 6-9 bulan. Selain itu, ada beberapa spesies serangga lainnya yang menjadi hama bagi Tamarack, antara lain Choristoneura fumiferanaZeiraphera improbanaOligonychus ununguisArgyresthia laricella, dan Dendroctonus simple. Pohon Tamarack juga menjadi induk semang bagi jamur patogen dari jenis Lachnellula willkommiiMelampsora medusae dan Hypodermella laricis. Namun, populasi pohon Tamarack masih terjaga dan terkendali, dengan menyandang status Resiko Rendah (Least Concern) dalam daftar IUCN Red List 3.1 sejak 10 Maret 2011.

Tamarack (Larix laricina) muda
(Wikimedia Commons)
Di masa kini, pohon Tamarack digunakan sebagai bahan baku mebel, rel kereta dan badan perahu, karena sifatnya yang tahan air, lentur, dan awet. Bagi suku asli Amerika Utara, getah pohon Tamarack digunakan sebagai bahan obat herbal untuk menyembuhkan penyakit arthritis, demam, dan nyeri sendi, serta pegal linu. Di alam liar, pohon Tamarack merupakan sarang bagi landak, terwelu salju, tupai merah, burung gereja berkulit putih, burung gelatik, burung veery, burung leher kuning dan burung warbler Nashville, yang juga bertugas sebagai pengendali hama.

No comments:

Post a Comment

Semua komentar merupakan tanggungjawab komentator dan pengelola tidak bertanggungjawab atas tuntutan dengan UU ITE. Berkomentar dengan bijak dan sopan.