Sunday, April 7, 2019

Terompet Ungu, tanaman karnivora khas Newfoundland

Tanaman Terompet Ungu (Sarracenia purpurea) adalah spesies tanaman karnivora berkantong yang merupakan anggota genus Sarracenia, berada di bawah suku Sarraceniaceae dan ordo Ericales. Penamaan umum diambil dari wujudnya berwujud mirip terompet dengan warna ungu. Di luar negeri dikenal sebagai purple pitcher plant, northern pitcher plant, turtle socks, atau side-saddle flower.

Tanaman Terompet Ungu (Sarracenia purpurea)
(Pouzin Olivier/Wikimedia Commons)
Tanaman Terompet Ungu sudah muncul sejak 110.000.000 tahun yang lalu pada masa awal Cretaceous. Pertama kali ditemukan oleh Carolus Clusius, yang kemudian dilaporkan dalam buku Rariorum plantarum historia terbit di tahun 1601, saat menjelajah pesisir timur Amerika Utara. Hingga tahun 1999, sudah ditemukan empat subspesies Tanaman Terompet Ungu, antara lain Sarracenia purpurea heterophyllaSarracenia purpurea ruplicolaSarracenia purpurea venosa dan Sarracenia purpurea montana.

Ilustrasi Tanaman Terompet Ungu (Sarracenia purpurea)
(Carolus Clusius/Wikimedia Commons)
Tanaman Terompet Ungu mampu mencapai tinggi sekitar 20-60 centimeter dengan daun perangkap berukuran sekitar 10-30 centimeter, berwarna ungu, berambut halus dan mulut daun selalu dalam keadaan terbuka. Memiliki bunga berukuran diameter 5 centimeter, berwarna kemerahan dan lembut berdaging. Mengalami penyerbukan tiap musim semi dan musim panas, melalui bantuan serangga penyerbuk. Menghasilkan buah kecil berbentuk kapsul, yang akan disebarkan oleh burung, mamalia dan serangga.

Kelopak bunga Tanaman Terompet Ungu (Sarracenia purpurea)
(Ettore Balocchi/Wikimedia Commons)
Dalam menangkap mangsa, Tanaman Terompet Ungu memancing serangga menggunakan aroma nektar melalui bunga dan membiarkan mangsa masuk kedalam daun perangkap yang berisi air, karena dianggap sebagai sumber air bagi serangga seperti lalat, semut, belalang, laba-laba dan beberapa jenis kupu-kupu serta ngengat. Oleh karena it, suku asli Amerika memanfaatkannya sebagai pengendali hama di pemukiman dan perkebunan sejak masa purba.

Daun perangkap Tanaman Terompet Ungu (Sarracenia purpurea)
(Ram-Man/Wikimedia Commons)
Tanaman Terompet Ungu tersebar di pesisir timur Amerika Serikat dan Pesisir Semenanjung Amerika Serikat, Alaska dan seluruh pesisir Timur Kanada, kecuali Nunavut & Yukon, dengan habitat berupa lahan gambut, rawa dan muara. Ditetapkan sebagai tanaman simbol provinsi Newfoundland and Labrador pada tahun 1954. Keberadaannya di alam liar dilindungi oleh aturan Pemerintah Daerah Newfoundland and Labrador, sehingga masih memiliki populasi yang signifikan.

Wilayah persebaran Tanaman Terompet Ungu (Sarracenia purpurea)
(NoahElhardt/Wikimedia Commons)
Di masa kini, Tanaman Terompet Ungu dimanfaatkan akarnya sebagai pestisida alami, dan menjadi tanaman penghias rumah, karena keunikannya serta keindahan warnanya. Selain itu, diketahui Tanaman Terompet Ungu bersimbiosis dengan nyamuk Wyeomyia smithii dan Metriocnemus knabi, yang menaruh telur dan larva dalam daun perangkap. Merupakan salah satu bentuk simbiosis komensalisme, dimana nyamuk mendapat tempat menaruh telur yang aman dari serangga, namun Tanaman Terompet Ungu tidak mendapat keuntungan dan kerugian.

No comments:

Post a Comment

Semua komentar merupakan tanggungjawab komentator dan pengelola tidak bertanggungjawab atas tuntutan dengan UU ITE. Berkomentar dengan bijak dan sopan.